Filosofi dalam Islamisasi Pembelajaran Fisika

Abstract

Derasnya arus sekulerisasi dalam dunia pendidikan seringkali menjadi masalah yang penting untuk diwaspadai dalam dunia pendidikan. Sisi negative dari perkembangan teknologi berkaitan dengan kemerosotan akhlak manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dianggap tidak linear dengan perbaikan akhlak. Terdapat krisis moral dan spiritual di dalamnya. Hal tersebut diakibatkan karena ilmu pengetahuan cenderung hanya malihat sasuatu berdasarkan kacamata duniawi. Islamisasi dalam pembelajaran fisika sangat dibutuhkan untuk mengatasi sisi negative dari perkembangan ilmu pengetahuan. Dengan islamisasi dalam pembelajaran, diharapkan tercipta proses berfikir akan kaitan ilmu moral dan ketuhanan terhadap ilmu pengetahuan. Proses berfikir ini merupakan bentuk filosofi dalam pendidikan. Filosofi membantu setiap orang memahami sisi moral dan normatif dari suatu kejadian yang dapat dikaitkan dengan bahan ajar yang akan didalami. Dengan proses berfikir, merenung, menghubungkan, serta mengambil kesimpulan yang tepat tentang suatu teori fisika, diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep secara lebih mudah dan mudah untuk diingat.