Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Menggunakan Media Berbasis ICT untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Keseimbangan Ekosistem dan Pelestarian Hewan Di Kelas VI SD Negeri 179 Tanahberu Kabupaten Bulukumba

Abstract

Peran guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sangat menentukan peningkatan penguasaan konsep IPA sebagai hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigationdenganmenggunakanmediaberbasisICT adalahSalahsatupenerapanmodeldanmedia pembelajaran yang ssesuai dengan karateristik mata pelajaran IPA. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 17 Tanahberu di Kabupaten Bulukumba. Masalah yang menjadi fokus yang diteliti adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan menggunakan media berbasis ICT dapat meningkatkan penguasaan konsep keseimbangan ekosistem dan pelestarian hewan sebagai hasil belajar IPA siswa di kelas VI SD Negeri 179 Tanahberu kebupaten Bulukumba. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan menggunakan media berbasis ICT dapat meningkatkan penguasaan konsep kesimbangan ekosistem dan pelestarian hewan sebagai hasil belajar IPA siswa di kelas VI SD Negeri 179 Tanahberu kabupaten Bulukumba.Kata kunci: Group investigation, media berbasis ICT dan hasil belajar