Hubungan Keaktifan dalam Organisasi Universitas dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi UM Parepare
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan keaktifan dalam organisasi intra universitas dengan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi. Pokok masalah penelitian adalah apakah terdapat hubungan keaktifan mahasiswa dalam organisasi intra universitas dengan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, peneliti mencari suatu hubungan variabel dan menguji berdasarkan teori yang ada. Desain penelitian menggunakan ex-post-facto. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumen dan kuesioner. Pada tahap analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keseluruhan responden aktif di organisasi berdasarkan analisis indikator keaktifan mahasiswa dalam organisasi intra universitas yang berada pada kategori “sangat tinggi” dengan interval nilai 85-100%. Terdapat hubungan antara keaktifan mahasiswa dalam organisasi intra universitas dengan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Parepare dengan hasil analisis menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai R sebesar 0.877 berada pada interval korelasi 0,80-1,00 dengan kategori sangat kuat. Keaktifan mahasiswa dalam organisasi intra universitas memberikan kontribusi sebesar 76,91% kepada peningkatan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare dan sisanya 23,09% adalah faktor lain yang tidak sempat diteliti oleh peneliti.