Implementasi Eco-Education melalui Inovasi Hidroponik dalam Mewujudkan Mahasiswa Berbudaya Lingkungan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan lingkungan ”Eco-Education” melalui inovasi hidroponik yang dilaksanakan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi dan mengetahui hubungan pendidikan lingkungan ”Eco-Education” melalui inovasi hidroponik terhadap terwujudnya mahasiswa berbudaya lingkungan khususnya Program Studi Pendidikan Biologi. Jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester V tahun ajaran 2017-2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk pengetahuan lingkungan ”Eco-Education” melalui inovasi hidroponik dan angket peduli budaya lingkungan.Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pengetahuan lingkungan ”Eco-education” melalui inovasi hidroponik memiliki rata-rata 68,57 termasuk dalam kategori cukup karena berada pada interval 56-75, yang artinya mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup mengenai pengetahuan lingkungan ”Eco-education” melalui inovasi hidroponik, sedangkan sikap peduli budaya lingkungan pada mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar memiliki rata-rata 72,5 termasuk dalam kategori cukup karena berada pada interval 56-75, yang artinya mahasiswa memiliki sikap peduli budaya lingkungan yang cukup. Hubungan antara pengetahuan lingkungan ”Eco-education” melalui inovasi hidroponik dengan sikap peduli lingkungan memiliki hubungan yang sedang, dimana tingkat korelasinya berada dalam interval 0,400–0,599. Semakin baik pengetahuan lingkungan ”Eco-education” melalui inovasi hidroponik yang dimiliki maka sikap peduli budaya lingkungan pun semakin baik pula.Kata kunci: Budaya Lingkungan, Eco-Education, Hidroponik