Aplikasi Modul Pembelajaran Berbasis Media Camtasia dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasih Tahun Akademik 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan untuk melihat keefektifitasan pengaplikasian modul berbasis media camtasia dengan metode tutor sebaya, yang diajarkan pada semester VItahun ajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa semester VI yang berjumlah 36orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan setiap menyelesaikan pokok bahasan/pertopik, yang diberikan sebanyak tiga pokok bahasan mata kuliah, lembar pengamatan/observasi kelas(observingclassroom), dan angket respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran selama menggunakan modul yang disandingkan dengan penerapan metode tutor sebaya. data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa yang berada pada kategori tuntas, siklus I sebesar 42%, siklus kedua sebesar 77% dan siklus III meningkat sebesar 94%, sedangkan nilai rata-rata peningkatan ini sebesar 52%. Sementara hasil observasi di kelas dan angket respon mahasiswa terhadap pengaplikasian modul dengan metode ini berada pada rata-rata persentase 84%. sehingga dapat disimpulkan aplikasi modul berbasis Camtasia dengan metode tutor sebaya ini efektifdalam pelaksanaannya serta meningkatkan hasil belajar.Kata kunci: Aplikasi Modul Pembelajaran Berbasis Media Camtasia, Tutor Sebaya, Hasil Belajar, DanEfektifitas.