PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA TERPADU (BIOLOGI) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs PPTI TAMO

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melalui beberapa tahap dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif IPA Terpadu (Biologi) melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs PPTI Tamo yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa yang dilakukan tiap akhir siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik kategori hasil belajar IPA Terpadu dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 selanjutnya dibandingkan dengan kategorisasi hasil belajar yang ada di MTs PPTI Tamo. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA Terpadu (Biologi) melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPA Terpadu (Biologi) kelas VIII MTs PPTI Tamo yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang nampak dari persentasi peserta didik yang mempunyai nilai hasil belajar yang mencapai KKM pada tes kemampuan awal adalah 20% dari jumlah peserta didik, pada siklus I persentasi peserta didik yang mempunyai nilai hasil belajar yang mencapai KKM pada tes akhir siklus adalah 65%, sedangkan pada siklus II persentasi peserta didik yang mempunyai nilai hasil belajar yang mencapai KKM pada tes akhir siklus adalah 100%. Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif, IPA Terpadu, Model Pembelajaran Aktif,  dan Quiz Team