Pengaruh Pemberian Tes Formatif terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Biologi Tahun Ajaran 2015/2016 Universitas Cendrawasih

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian tes formatif terhadap hasil belajar mahasiswa semester IV program studi pendidikan biologi, tahun ajaran 2015/2016). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester genap (IV) program studi pendidikan biologi, yang berjumlah 26 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu; (1)Tes formatif berupa uraian untuk menjaring hasil belajar mahasiswa yang diberikan setiap usai satu topik bahasan, (2) kuesioner berisi pertanyaan yang relevan dengan penelitian, (3) dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan atau transkrip nilai. Teknik ini digunakan untuk mengungkap data tentang hasil belajar mahasiswa, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk menggambarkan variable yang diteliti dan untuk melihat pengaruh antar variabel digunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 17. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan tes formatif mampu meningkatkan penguasan konsep mata kuliah struktur hewan semester genap tahun akademik 2016/2017 sebesar 84,61%; selanjutnya hasil analisis data menunjukkan Uji t satu sampel ini menguji H0: µ≥ 60 terhadap H1: µ< 60. Nilai p-values untuk 2-tailed = 0.325; karena kita melakukan uji hipotesis satu maka nilai p-values harus dibagi 2 = 0.162 dengan demikian nilainya lebih besar dari α = 0,05 H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bentuk tes formatif pengaruhnya signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa.Kata kunci: Tes Formatif, Hasil Belajar.