Perbandingan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Model Makassar

Abstract

Perbandingan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada siswa Kelas VIII MTs Negeri Model Makassar. Penelitian ini bertujuan (i) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN Model Makassarsesudah diajar dengan menggunakan kooperatif tipe STAD dan MPBK berbasis TIK. (ii) Untuk mengetahui ada-tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTs Negeri Model Makassar sesudah diajar dengan menggunakan kooperatif tipe STAD dan MPBK berbasis TIK. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental designs). Data hasil belajar biologi siswa didapatkan dengan menggunakan tes. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (i) Hasil belajar biologi siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan MPBK berbasis TIK menunjukkan ada peningkatan dari pretest kepostest berdasarkan analisis gain ternormalisasi yaitu 0,64 dan 0,69 (kategori sedang). (ii) Perbandingan hasil belajar biologi siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperolehp-value= 0,200>α= 0,05, dan MPBK berbasis TIK diperoleh p-value=0,200>α= 0,05 dan menunjukkan data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan analisis data dengan meggunakan Levene's test diperoleh nilai p-valueuji-f=0,351> 0.05 yang artinya kedua data tersebut memiliki varians sama atau homogen. Pada uji statistik uji-t diperoleh p-value uji-t sebesar 0,007< ,05, hal ini menunjukkan H1 diterima yang berarti ada perbedaan peningkatan hasil belajar biologi siswa pada kedua model pembelajaran yang diterapkan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (i) Terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan MPBK berbasis TIK. (ii) Ada perbedaan peningkatan hasil belajar biologi siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan MPBK berbasis TIK.Kata Kunci:  Perbandingan Hasil Belajar Biologi, Model Pembelajaran MPBKberbasis TIK dan STAD