PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK ISLAM DDI PONIANG MAJENE
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen menggunakan The One Group Pretest Posttest design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar kognitif biologi peserta didik kelas XI SMK Islam DDI Ponian Majene. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Islam DDI Poniang pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI a yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan asumsi bahwa anggota populasi dianggap homogen. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar biologi sebanyak 30 item tes . Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar biologi peserta didik sebelum diajar dengan menggunakan media visual (Pretest) yaitu 8,82 yang setara dengan nilai 29,39, sehingga berada pada rentang nilai 21-40 yang termasuk kategori rendah. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar biologi peserta didik setelah diajar dengan menggunakan media visual (Posttest) yaitu 17,5 yang setara dengan nilai 58,33 sehingga berada pada rentang nilai 41-60 yang termasuki kategori sedang. Dari hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa skor hasil belajar peserta didik baik pretest maupun posttest berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan pada pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel (7,32 > 1,73) sehingga H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar biologi peserta didik sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan media visual sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu media visual berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif biologi peserta didik kelas XI SMK Islam DDI Poniang Majene. Kata Kunci: Media Visual, Hasil Belajar Kognitif