Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Belajar Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) di Kelas XI IIS2 MAN-1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017-2018
Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan untuk membantu perkembangan peserta didik mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Kegiatan pendidikan berintikan interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber-sumber pendidikan lain, dan berlangsung dalam suatu lingkungan pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan harus terus dilaksanakan salah satunya dengan penggunaan berbagai model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar adalah model Teams Games Tournament (TGT). Pelajaran ekonomi sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa jurusan iis juga memerlukan inovasi model pembelajaran agar meningkatkan capaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IIS2 MAN-1 pada pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Teams games tournament. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan, yaitu :1) perencanaan. 2) pelaksanaan. 3) pengamatan. 4) refleksi. Penelitian dilakukan pada bulan januari-februari 2018. Siklus pertama dilakukan dalam 3 kali pertemuan dan siklus ke 2 dilakukan dalam 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 26, 8% dari siklus 1 ke siklus 2. Kategori pengetahuan juga meningkat sebesar 57,3 % pada kriteria amat baik dan baik dari siklus 1 ke siklus 2.