Penggunaan Metode Peer Teaching Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Teks Prosedur di Kelas VII-1 SMP Negeri 9 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018

Abstract

Keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII-1 SMP Negeri 9 Batam masih belum maksimal. Hasil tes awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan hasil menulis teks prosedur siswa masih rendah. Hal ini diketahui 75% siswa belum mencapai KKM, hanya 25% siswa yang sudah mencapai KKM dan mampu menulis teks prosedur sesuai dengan langkah-langkah menulis teks prosedur. Dari hasil tes menulis teks prosedur menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi tentang langkah-langkah menulis teks prosedur. Pada pra siklus di hasilkan skor observasi 79 artinya ketrampilan siswa dalam menulis teks prosedur kurang baik. Selanjutnya peneliti merasa begitu penting untuk melaksanakan penelitian dengan menggunakan metode Metode peer teaching. Pada siklus I Hasil observasi menunjukkan skor 161 artinya ketrampilan siswa dalam menulis teks prosedur cukup baik. Akan tetapi agar lebih kondusif lagi ketrampilan siswa dalam menulis teks prosedur maka peneliti hendak melaksanakan siklus II. Pada siklus II Hasil observasi menunjukkan skor 210 Artinya Ketrampilan siswa dalam menulis teks prosedur sangat baik.  Pada kegiatan observasi peserta didik, guru menilai bahwa Siswa dapat menyusun struktur teks teks prosedur dengan lengkap, Siswa dapat menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat/paragraf pada teks prosedur, Siswa dapat membuat teks prosedur dengan gagasan yang jelas, Siswa dapat menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan dan Siswa dapat menulis teks prosedur dengan tepat.