Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Minat Belajar, dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA 1 MAN 1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat dan kemampuan matematis dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Think- Pair- Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu penelitian reflektif oleh prilaku tindakan yang dilakukan oleh guru sendiri untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan atas dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan januari dan berakhir juni 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 1 MAN 1 Pekanbaru yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian adalah angket, kuis, tes hasil belajar yang diberikan pada setiap akhir siklus, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata kuis pada pertemuan pertama 62,2 menjadi 77,9 pada pertemuan ke enam dan tes hasil belajar dengan rata-rata 61 pada siklus I meningkat menjadi 76 pada siklus II dengan persentase ketuntasan siswa 26,7% pada siklus I meningkat menjadi 75,9 % pada siklus II. Minat siswa dalam belajar terlihat pada perhatian belajar, kemauan, merasa senang, semangat dalam belajar dan mengerjakan tugas mengalami peningkatan dari kategori kurang menjadi tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think - Pair- share dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa.