Meningkatkan Hasil dan Motivasi belajar Bahasa Arab Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Pada Materi Identitas Diri di Kelas X Agama 1 MAN-1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018-2019

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament yang dilihat dari motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab Materi memperkenalkan diri  di kelas Xsc Agama 1 MAN-1 Pekanbaru. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana guru melakukan tindakan  reflektif guru untuk memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini  terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama dilakukan dalam 4 kali pertemuan dan siklus ke 2 dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan adalah angket motivasi belajar daftar dan soal pengetahuan untuk Penilaian harian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar  siswa pada siklus 1 pada kategori sangat baik, baik dan cukup berturut-turut masing-masing 28,12%, 56,25% dan 15,62% sementara pada siklus 2 berturut-turut sebesar 34,37%, 59,37% dan 6,25%. Sementara Hasil belajar siswa meningkat dari 68,75 % pada siklus 1 menjadi 87,5  pada siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Arab materi memperkenalkan diri (KD 3.2) pada kelas Xsc Agama 1 MAN-1 Pekanbaru Tahun ajaran 2018-2019.