PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN AKTIFITAS EKSTRAKULIKULER TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa bahwa: (1) Ada pengaruh kedisiplinan guru terhadap karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Pembelajaran 2018/2019. (2) Ada pengaruh aktivitas ekstrakurikuler terhadap karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Pembelajaran 2018/2019. (3) Ada pengaruh kedisiplinan guru dan aktivitas ekstrakurikuler terhadap karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 30 guru dengan jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik dengan menggunakan bantuan rumus statistik serta aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) dengan taraf kesalahan 5%. Pemilihan sampel menggunakan teknik Probability Sampling jenis simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh X1 (kedisiplinan guru) terhadap Y (karakter peserta didik) yang dibuktikan dengan perolehan Fhitung sebesar = 9.621 dan signifikansi = 0.004 < 0.05. Hal ini juga menunjukkan bahwa ada arah hubungan yang positif antara Kedisiplinan Guru terhadap karakter peserta didik, karena nilai F positif. (2) Ada pengaruh X2 (aktivitas ekstrakurikuler) terhadap Y (karakter peserta didik) yang dibuktikan dengan perolehan Fhitung = 4.370 dan signifikansi = 0.002 < 0.05. Hal ini juga menunjukkan bahwa ada arah hubungan yang positif antara aktivitas ekstrakurikuler terhadap karakter peserta didik, karena nilai F positif. (3) Ada pengaruh secara simultan antara X1 (kedisiplinan guru) dan X2 (aktivitas ekstrakurikuler) terhadap Y (karakter peserta didik) di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Pembelajaran 2018/2019, yang dibuktikan dengan perolehan Fhitung = 7.497 dan hasil analisis taraf signifikannya adalah sebesar = 0,003 < 0,05. Hal ini juga menunjukkan bahwa ada arah hubungan yang positif antara kedisiplinan guru dan aktivitas ekstrakurikuler terhadap karakter peserta didik, karena nilai F positif.