PEMILIHAN METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIF
Abstract
Abstrak.Terdapat berbagai metode pengajaran bahasa Sasaran (BS) dan setiap metode mempunyai konsep siap pakai yang bersipat prescriptive dan harus dipatuhi oleh setiap penggunanya, ia harus mengikuti langkah-langkah yang telah digariskan dalam metode tersebut. Diantara metode pengaran bahasa sasaran adalah : Grammar Translation Method, The Reading Methode, Direct Method, The Aural-Oral Method, atauThe Audio-Lingual Method, Audio Visual Method, Cognetive Code Learning, The Eclectics Method dan sebagainya. Bagi guru yang telah milih salah satu metode tersebut harus menerapkan secara utuh semua langkah yang telah digariskan dalam metode,padahal tidak setiap metode itu sesuai dengan situasi, kondisi lingkungan, tujuan pengajaran dan budaya setempat.Untuk memilih metode yang cocok dan sesuai dalam mengajar bahasa Arab, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti faktor tujuan pengajaran bahasa Arab, faktor materi, faktor guru, faktor siswa/mahasiswa, faktor sarana, prasana, media pembelajaran, faktor situasi dan kondisi kelas. Untuk itu metode eklektik (eclectics method) atau metode gado-gado, merupakan metode alternatif dengan mengambil sisi terbaik dari metode yang sesuai dengan faktor-faktor di atas (Syuhudi,2013:249). Belajar bahasa hidup seperti bahasa Arab, siswa harus bisa menguasi skill atau ketrampilan bahasa yang empat, mendengar, bertutur, membaca dan menulis. Tujuan pengajaran bahasa Arab, menurut Kamil Al-Naqah, meliputi tujuan budaya, komunikasi, dan bahasa.(Al-Naqah, 1984: 33/Syuhudi2004:56). Hal ini diperlukan sebuh metodologi pengajaran bahasa Arab yang tepatdanefektif. Kata kunci: metode pengajaran,bahasa Arab, Efektif