STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA PENDIDIK PADA MTS NU BANAT KUDUS

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan perencanaan, pelatihan, dan evaluasi dalam meningkatkan etos kerja (2) Mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan etos kerja. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik bersifat field research (lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian uji kridebilitasnya menggunakan metode triangulasi (gabungan). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan rekrutmen, pelatihan, dan evaluasi dalam meningkatkan etos kerja pada MTs NU Banat Kudus mengikuti konsep trilogi kualitas yang mengidentifikasi tiga aspek dalam meningkatkan etos kerja yaitu perencanaan kualitas (quality planning), perbaikan kualitas (quality improvment), pengendalian kualitas (quality control). Fakor penghambat dalam peningkatan etos kerja pada MTs NU Banat Kudus secara garis besar ada dua faktor yaitu terdapat sarana penunjang yang kurang mamadahi, dan kurangnya SDM pendidik. Sarana prasarana yang kurang ini didasari utama karena sempitnya lahan sehingga tidak bisa membuat ruangan khusus aula, dan belum berpikiran untuk mengganti LCD Proyektor dengan teknologi TV LED berukuran besar.