KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (Analisis Kebijakan Pendidikan Islam dalam Mata Pelajaran Tahassus di MA. Matholi'ul Huda Bugel Jepara)

Abstract

Abstrak:Penelitian ini mendeskripsikan tentang kebijakan pendidikan Islam dalam sebuah analisis kebijakan pendidikan Islam dalam mata pelajaran tahassus yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara. Di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) saat ini, arus masuk-keluar barang dan juga pertukaran tenaga kerja dengan bebas tidak bisa dihindari.Kemajuan teknologi menjadi salah satu tolok ukur kemajuan suatu bangsa menjadi dilemma, selain untuk kegiatan yang bermanfaat juga rawan dari kejahatan.Seiring perkembangan zaman tersebut, pendidikan Islam merasa tertantang untuk membekali manusia Indonesia dengan akhlaq mulia agar manusia Indonesia tidak tererumus paham materialisme saja.Karena pendidikan Islam mengajarkan keseimbangan antara dunia dan akhirat.Untuk itu MA.Matholi'ul Huda Bugel Jepara mempersiapkan putra-putrinya dengan membekali mereka dengan ilmu-ilmu agama disamping ilmu-ilmu umum lainnya.Ilmu-ilmu tersebut nantinya diharapkan bisa menjadi benteng yang kuat sekaligus bekal yang sangat penting dalam mengarungi kehidupan di masyarakat.Ilmu-ilmu agama, khususnya mata pelajaran Takhasush yang diajarkan di MA Matholi'ul Huda Bugel Jepara melalui kebijakan madrasah merupakan inovasi dan pengembangan kurikulum dari pemerintah, sehingga sangat mendukung program pemerintah dalam mencetak generasi yang siap pakai dan berkepribadian yang kuat.Untuk mewujudkan cita-cita tersebut tidaklah mudah, banyak dari peserta didik yang masih enggan atau kurang mampu untuk mempelajari kitab-kitab salaf karena berbagai alas an terutama latar belakang peserta didik berasal. Banyak dari mereka yang memandang mata pelajaran Takhasus masih dianaktirikan sehingga hasil belajarnya kurang maksimal.Kata Kunci: kebijakan pendidikan Islam, mata pelajaran tahassus, Madrasah Aliyah Matholiul Huda Bugel Jepara.