URGENSI METODE PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

AbstrakDalam pendidikan Islam bukan hanya satu metode saja yang digunakan oleh seorang pendidik dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik, akan tetapi ada berbagai macam etode dengan cara, tujuan dan teknik yang berbeda dalam setiap penyampaian materi yang berbeda pula agar materi tersebut dapat tersampaikan secara maksimal, dan yang paling penting adalah harus seuai dengan syari’at Islam. Adapun varian metode dalam pendidika Islam anatara lain: Metode situasional, yang menorong manusia didik untuk belajar dengan perasaan gembira dalam berbagai tempat dan keadaan, Metode tarhib wat targhib mendorong manusia didik untuk belajar suatu bahan pelajaran atas dasr minat yang berkesadaran pribadi, terlepas daripaksaan atau tekanan mental, Metode belajar yang yang berdasarkan conditioning dapat menimbulkan konsentrasi perhatian anak didik kea rah bahan-bahan pelajaran yang disajikan oleh guru (pendidik), Metode yang berdasarkan prinsip bermakna, menjadikan anak didik menyukai dan bergairah untuk mempelajari bahan pelajaran yang diberikan oleh guru, Metode dialogis yang melahirkan sikap saling keterbukaan antara guru dan murid, akan mendorong untuk saling memberi dan mengambil antara guru dan murid dalam proses belajar mengajar, Prinsip inovasi dalam proses belajar mengajar, menjaikan menusia didik diberi pelajaran ilmu pengetahuan baru yang dapat menarik minat mereka, Metode pemberian contoh teladan yang baik (uswatun hasanah) terhadap manusia didik, terutama anak-anak yang beluk mampu berpiki kritis, akan banyak mempengaruhi pola tingkah laku mereka dalam kehidupan sehari-hari, Metode cerita, banyak terdapat di dalam Al-Qur’an, yang tujuan pokoknya adalah untuk menunjukkan fakta kebenaran, Metode Tanya jawab atau dialogis, Metode metafora, yang tujuannya adalah untuk memudahkan pengertian manusia didik tentang suatu konsep dengan melalui pertimbangan akal, Metode hukuman dan hadiah, atau pemberian tsawab (pahala) dan iqab (siksa), yang tujuan pokoknya untuk membangkitkan perasaan tanggungjawab manusia didik. Efektifitas metode ini terletak pada hubungannya dengan kebutuhan individual. Syarat dari penerapan hukuman adalah hukuman yang bersifat edukatif, yaitu pemberian rasa nestapa pada diri anak didik akibat dari kelalaian perbuatan atau tingkah laku yang tak sesuai dengan tata nilai yang diberlakukan dalam lingkungan hidupnya.Kata Kunci : Urgensi Metode Pendidikan, Pendidikan Islam