PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEHATAN FISIK DAN MENTAL DENGAN PENDEKATAN PEER GROUP DI SMPN 21 PEKANBARU

Abstract

Perkembangan media sosial dengan berbagai fitur yang dapat diakses dimanapun membuat semakin banyak pengguna media sosial dari berbagai kalangan seperti remaja. Penggunaan media sosial dengan berbagai dampaknya perlu disosialisasikan kepada remaja karena saat ini media sosial memiliki dampak positif dan negatif terhadap kesehatan fisik dan mental. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja tentang dampak positif dan negatif penggunaan media sosial bagi kesehatan jiwa. Metode dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pendidikan kesehatan dengan pendekatan peer group. Hasil kegiatan ini didaptkan pre-test dan post-test, terjadi peningkatan pengetahuan dengan nilai rata-rata pre-test 78,6 dan post-test 96,6. Perbedaan peningkatan nilai rata-rata yaitu sebesar 18,1. Hasil uji statistik didapatkan nilai 0,000 (p<0,05) yang dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test yang dilakukan oleh para siswa di SMPN 21 Pekanbaru. Saran untuk pihak sekolah adalah untuk memasukkan kegiatan peningkatan pengetahuan remaja tentang media sosial, dampak positif serta dampak negatif dari penggunaan media sosial ke dalam jadwal ekstrakulikuler sekolah. Hal ini dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok/ peer group bersama duta media sosial yang telah dipilih.