Analisis Problematika Penilaian Afektif Peserta Didik Madrasah Aliyah
Abstract
Ranah afektif merupakan ranah yang dianggap tersulit pengembangannya selama ini, termasuk cara mengevaluasinya. Padahal berbagai upaya pembentukan karakter dan kepribadian peserta didik, baik itu kognitif, afektif ataupun psikomotorik, baik yang bersifat terintegrasi langsung dalam mata pelajaran ataupun secara implisit melalui aktivitas keseharian peserta didik, sudah seharusnya didampingi dengan program penilaian secara sistematis, komprehensif dan berkesinambungan. Tulisan ini bertujuan melaporkan berbagai persoalan terkait penilaian ranah afektif sebagai upaya memahami kebutuhan para guru dalam melaksanakan penilaian afektif di madrasah aliyah khususnya. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik focus group discussion (FGD). Data yang terkumpul dianalisis secara induktif hingga menghasilkan pokokpokok informasi yang bermakna.