PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECKS DIPADUKAN DENGAN EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL-ISHAHUL ITTIHAD.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe pair checks dipadukan dengan eksperimen terhadap motivasi dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen dan dilaksanakan dari bulan Februari – Maret 2019. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA MA Al-Ishlahul Ittihad Jabon Tentan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel diperoleh dengan tehnik sampel random sampling. Kelas A dijadikan sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran cooperative, sedangkan kelas B dijadikan sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Data diperoleh dengan metode angket untuk motivasi belajar dan tes untuk hasil belajar. Hipotesis diuji menggunakan Kruskall Wallis dan Mann Whitney Test. Dari hasil analisis data disimpulkan: 1) Nilai sig 0,001 < 0,005 artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe pair checks dipadukan dengan eksperimen terhadap motivasi dan hasil belajar secara multivariate, 2) nilai sig 0,039 <  0,05 artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe pair checks dipadukan dengan eksperimen terhadap motivasi belajar, 3) nilai sig 0,000 < 0,005 artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe pair checks dipadukan dengan eksperimen terhadap hasil belajar.