PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Praya Barat Daya Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan tehnik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes essay. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji-t test menggunakan SPSS16,0 for windows, sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Praya Barat Daya terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga, dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Praya Barat Daya Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini terbukti bahwa perlakuan yang berbeda akan mendapatkan hasil yang berbeda pula.