PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DAN TPS (THINK PAIR SHARE)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan dalam bidang pendidikan yang memuat teori, konsep, prinsip, dan metodologi pendidikan untuk menemukan atau menguji teori ilmiah agar menjadi lebih andal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar Kimia siswa kelas XI SMAN 2 Labuapi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen kedua yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal uraian yang dianalisis dengan uji-t. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 2,10 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 sebesar 2,02 atau thitung> ttabel yang artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Kimia siswa yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share).