PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI ASAM BASA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievenment Divisions (STAD) terhadap hasil belajar kimia. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dilaksanakan bulan Januari - Maret 2020. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan gambaran dan informasi tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, khususnya dalam pembelajaran kimia dan dampaknya terhadap hasil belajar pada materi asam basa kelas XI MA Qomarul Huda Bagu t.a 2020. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan rancangan penelitian post-test only control grup design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Bentuk data dalam penelitian ini tidak normal sehingga uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan output dari uji man whitney diketahui bahwa nilai Asymp sig sebesar 0,029 < 0,05 dan nilaiĀ  maka ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MA Qomarul Huda Bagu Tahun Pelajaran 2020.