PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS XII TKJ SMK NEGERI 1 MUARA BUNGO

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Matematika kelas XII Kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Muara Bungo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi model CTL dikelas XII pada motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Muara Bungo yang berjumlah 22 orang. Pelaksanaannya penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan oleh peneliti. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Data penelitian ini yaitu video, dokumentasi, angket motivasi belajar peserta didik dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar dari siklus I yaitu 65,22% dan pada siklus II menjadi 80,68%. ini menandakan motivasi belajar peserta didik meningkat sesuai dengan indikator yaitu 80%, dan hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 63,86% sedangkan siklus II meningkat menjadi 81,81%. Melihat penelitian ini, maka dengan menggunakan model CTL pada pembelajaran Matematika perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dimasa yang akan datang.