MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA DALAM KOMPETENSI DASAR MENGELOLA KARTU PIUTANG DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 MUARA BUNGO

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini merupakan prestasi Belajar Akuntansi yang masih rendah pada kompetensi Mengelola Kartu Piutang, sehingga Nilai Ulangan harian siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Muara Bungo yang belum mencapai KKM.. Tujuan dari penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK N. 1 Muara Bungo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini terdiri dari 1) Tempat penelitian 2) Waktu penelitian 3) Subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning  untuk Meningkatkan  Prestasi  Belajar  Akuntansi  Siswa  pada  Kompetensi Mengelola Kartu Piutang Kelas XI Akuntansi 2 SMK N. 1 Muara Bungo, dapat dikatakan berhasil. Nilai rata-rata Prestasi  Belajar Akuntansi  siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 69,36 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 29%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 70,95 dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 54,17%. Pada  siklus II nilai rata-rata siswa  meningkat  menjadi  93,86  atau persentase 87,5% atau mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 22,91.