PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE DENGAN MENGGUNAKAN FOTO PERISTIWA
Abstract
Penelitian ini mengkaji peningkatan kemampuan menulis teks berita melalui strategi Think Talk Write (TTW) dengan menggunakan foto peristiwa pada peserta didik Kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Muara Bungo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan peserta didik Kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Muara Bungo dalam menulis teks berita melalui strategi TTW dengan menggunakan foto peristiwa. Subjek penelitian ini 30 peserta didik. Objek penelitiannya adalah proses pembelajaran menulis teks berita melalui strategi TTW dengan menggunakan foto peristiwa. Prosedur penelitian tindakan kelas ini berbentuk siklus, siklus I terdiri atas dua kali pertemuan (3 jam pelajaran), sedangkan siklus II terdiri atas satu kali pertemuan (2 jam pelajaran). Tiap siklus terdapat empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks berita pada peserta didik Kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Muara Bungo dapat ditingkatkan melalui strategi TTW dengan menggunakan foto peristiwa, penerapan strategi TTW dengan menggunakan foto peristiwa dapat meningkatkan pengembangan unsur 5W+1H menjadi teks berita yang menarik. Berdasarkan hasil tulisan peserta didik, kemampuan menulis teks berita meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada pra-siklus, 20% peserta didik tuntas dengan nilai rata-rata kelas 59,17. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 6,43 dan ketuntasan peserta didik 63%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,9 dan ketuntasan peserta didik 93%.