UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENULIS TEKS DESCRIPTIVE MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah peserta didik sebanyak 23 orang kelas VII.1 SMP Negeri 5 Muara Bungo pada pelajaran Bahasa Inggris dalam menulis teks descriptive, jumlah peserta didik yang belum memenuhi KKM sebanyak 19 orang (83%). Hal ini masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah 69. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas VII.1 SMP Negeri 5 Muara Bungo Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik 23 orang dan di bantu oleh mitra peneliti. PTK ini meliputi dua siklus yaitu Siklus I dan siklus II. Salah satu indikator kinerja yang dijadikan acuan dalam menentukan keberhasilan setiap siklus PTK adalah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan dengan nilai 69. Suatu proses pembelajaran berhasil apabila jumlah peserta didik yang minimal memenuhi KKM minimal 75 % dari keseluruhan peserta didik. Indikator lainnya peningkatan kinerja proses pembelajaran dengan model mind mapping yang semakin meningkat, yang di nilai oleh mitra peneliti dan peserta didik berprilaku yang semakin baik dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian dari PTK ini menunjukkan hipotesis dalam PTK ini yakni : “Penggunaan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 5 Muara Bungo Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam menulis teks descriptive Bahasa Inggris” dapat diterima. Jumlah peserta didik yang memenuhi KKM pra siklus 17% sisanya 83% belum memenuhi KKM. Pada siklus I menjadi 26% jumlah peserta didik yang memenuhi KKM sisanya 74% belum memenuhi KKM. Pada siklus II 91% jumlah peserta didik yang memenuhi KKM yang belum memenuhi KKM 9%. Jumlah yang memenuhi KKM pada siklus II telah mencapai jumlah 75% sebagai standar keberhasilan tiap siklus.