PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SD
Abstract
Masalah dalam penelitian ini ialah proses belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri 176/II Renah Sungai Ipuh masih rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dari 33 peserta didik hanya 9,09% yang memperoleh nilai dalam kriteria cukup kritis. Penyebabnya adalah guru hanya menggunakan pendekatan yang konvensional di kelas, yang menyebabkan proses pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan open ended pada proses belajar peserta didik dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilkasanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) penerapan pendekatan open ended dalam proses pembelajaran dilihat dari lembar observasi yaitu siklus I hanya dari aspek guru 66,25% dan aspek peserta didik 64,7% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dari aspek guru 83,75% dan aspek peserta didik 85,97% yang telah mencapai indikator keberhasilan. (2) penerapan pendekatan open ended dalam pembelajaran pada siklus I masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes pada siklus I, hanya 27,27% peserta didik yang memperoleh nilai dalam kriteria kritis dan 72,72% peserta didik yang belum mencapai indikator keberhasilan. kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat sangat baik pada siklus II. Dari 9,09% (observasi awal), menjadi 27,27% (siklus I) dan 57,57% (siklus II).