GAMBARAN METODE INKUIRI DAN PENERAPAN PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI (PKn) DI KELAS VI SD NEGERI NO.60 / II MUARA BUNGO KECAMATAN RIMBO TENGAH

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu tidak semua guru dalam pembelajaran PKn telah melaksanakan pembelajaran berbasis pendekatan siswa aktif. Untuk menciptakan pembelajaran aktif, guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan mendeskripsikan gambaran metode inkuiri dan penerapannya pada  pembelajaran pengembangan diri (PKn)  di kelas VI SD Negeri 60/II Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah. objek penelitian ini yaitu siswa Kelas VI  SD Negeri.60/II Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian ini, yaitu (1) Penyusunan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri meliputi pokok bahasan, pertanyaan-pertanyaan yang mengacu kepada kesimpulan, alat peraga, media, dan lembar kerja siswa, (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri lebih menarik minat siswa dan dapat mendorong siswa untuk menemukan konsep akhir (kesimpulan) dari hasil pengamatan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, (3) Hasil belajar dengan menggunakan metode inkuiri lebih baik dibanding dengan tidak menggunakan metode inkuiri. (4) hambatan-hambatan dalam pelaksanaan penelitian dapat teratasi. Berdasarkan hasil penelitian tesebut, dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran PKn siswa Kelas VI  SD Negeri 60/II Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo.