KONTRIBUSI MINAT BACA SASTRA DAN PENGUASAAN KONSEP CERPEN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MUARA BUNGO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memaparkan beberapa hal sebagai berikut: (1) besarnya kontribusi minat baca sastra terhadap keterampilan menulis teks cerpen oleh siswa, (2) besarnya kontribusi penguasaan konsep cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen oleh siswa, dan (3) besarnya kontribusi minat baca sastra dan penguasaan konsep cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen oleh siswa kelas XI SMAN 4 Muara Bungo. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan desain korelasi. Data penelitian ini berupa skor hasil angket minat baca sastra, skor hasil tes penguasaan konsep cerpen, dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) minat baca sastra memberi konrtibusi terhadap keterampilan menulis teks cerpen sebesar 37,21%. (2) penguasaan konsep cerpen memberi kontribusi terhadap keterampilan menulis teks cerpen sebesar 35%. (3) minat baca sastra dan penguasaan konsep cerpen secara bersama-sama memberi kontribusi terhadap keterampilan menulis teks cerpen sebesar 42,25%.