EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MARQUEE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MEMINDAI SISWA KELAS VI SDN 81/II MUARA BUNGO

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan membaca cepat siswa kelas VI SDN 81/II Muara Bungo. Keberhasilan keterampilan membaca tidak lepas dari ketepatan pemilihan media pembelajaran yang digunakan di kelas. Media Marquee  (media teks berjalan) merupakan alternatif media yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis efektivitas penggunaan media Marquee untuk meningkatkan proses dan hasil belajar membaca cepat siswa kelas VI SDN 81/II Muara Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus penelitian. Data penelitian ini berupa hasil tes dan nontes. Selanjutnya, hasil penelitian ini, yaitu (1) adanya peningkatan proses pembelajaran membaca cepat dengan media Marquee dengan perolehan rata-rata 215,5 atau berada pada kategori sedang, (2) adanya peningkatan hasil pembelajaran membaca cepat dengan media Marquee dengan perolehan rata-rata 250,25 atau berada pada kategori cepat. Berdasarkan hasil penelitian tesebut, dapat disimpulkan bahwa media Marquee efektif meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa kelas VI SDN 81/II Muara Bungo