MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE TIPE INDEX CARD MATCH PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakagi oleh rendahnya hasil belajar siswa, penggunaan metode pembelajaran yang tidak tepat, serta pembelajaran index card match belum pernah dilakasanakan di SD Negeri No. 166/II Desa Tirta Mulya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri No. 166/II Desa Tirta Mulya, dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe index card match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observing) dan refleksi (reflecting) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri No. 166/II Desa Tirta Mulya. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas V. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan strategi pembelajaran aktif tipe index  card  match dan memperhatikan langkah-langkah pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran serta hasil belajar siswa, maka terdapat peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa