Persepsi Masyarakat Rural terhadap Profil Calon Presiden dalam Pilpres 2019
Abstract
Pemilu selalu menyajikan fenomena yang menarik untuk diteliti terutama pemilu di Indonesia yang penuh dengan pergerakan politik. Masa pemilihan umum adalah masa yang dikaitkan dengan pesta demokrasi dimana setiap voters menentukan pilihan dan banyak penentu menjadi pertimbangan memilih. Selain itu, campur tangan media dalam membingkai sebuah berita pemilu juga ikut mewarnai kontestasi pemilu 2019 ini. Tetapi apakah hal ini berlaku di semua masyarakat? Sedangkan di wilayah rural (pedesaan) seolah tidak terjamah pegaruh media sama sekali. Maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat rural terhadap profil calon presiden tahun 2019? Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap profil calon presiden dalam pilpres 2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah informan dari ketiga golongan usia memiliki serta menaruh harapan besar kepada setiap calon yang akan mereka pilih pada pemilu 2019. Disatu sisi, media akan membantu mengangkat profil dari calon yang akan bertarung dalam pemilihan umum, tetapi disisi lain media juga akan menjadi senjata penghancur profil suatu calon jika tujuannya adalah menyebarkan berita hoax terkait dengan keburukan profil calon pemimpin tersebut.