Analisis Usaha dan Strategi Pemasaran pada UKM Pengupas Kulit Singkong di Kabupaten Malang
Abstract
Penelitian ini dibuat dengan tujuan Untuk mengetahui strategi pemasaran dengan metode gerilya (Guerrilla Marketing) yang diterapkan pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam memasarkan produk-produknya serta untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan UKM pengupas kulit singkong di Kepanjen Malang berdasarkan analisis SWOT. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pemasaran gerilya yang dilakukan UKM pengupas kulit singkong dan strategi pemasaran yang dilakukan UKM pengupas kulit singkong berdasarkan analisis SWOT. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif sebagai dasar dalam melakukan penulisan. Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif.. Dari hasil penelitian didapat bahwa Strategi pemasaran gerilya khususnya pemasaran produk singkong meliputi beberapa strategi, yakni strategi jemput bola, membangun jaringan, memberikan service excellent, dan memberikan kualitas produk yang memuaskan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan, sehingga pelanggan yang ada tidak akan lari dari UKM yang lain.