PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran reflektif terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa matematika, serta Menganalisis ada tidaknya interaksi antara pembelajaran reflektif pada kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy eksperiment), dalam hal ini membandingkan antara mahasiswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis data dapat ditarik beberapa kesimpulan (1)Berdasarkan hasil uji kesamaan rata – rata dimana nilai uji t sebesar 9.261 dengan nilai sig. = 0.000 lebih kecil dari α = 0.05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara rata – rata kemampuan penalaran matematis mahasiswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, oleh karena itu disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa program studi matematika FMIPA Universitas Pamulang. (2) Berdasarkan hasil uji Anava uji F = 11.311 dengan signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, maka menolak H0 yaitu terdapat interaksi antara model pembelajaran reflektif yang diterapkan pada mahasiswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa FMIPA Universitas Pamulang.