KOLABORASI PEMBELAJARAN ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT-SATISFACTION DENGAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN KREATIF MATEMATIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan bagian dari laporan penelitian kolaborasi model pembelajaran assurance-relevance-interest-assessment-satisfaction dengan Think-Talk-Write untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran kreatif matematik serta motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes yang bertujuan untuk menelaah peranan kolaborasi model pembelajaran assurance-relevance-interest-assessment-satisfaction (ARIAS) dengan Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan penalaran kreatif matematik dan motivasi berprestasi siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Carenang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII dari salah satu SMP yang ditetapkan secara purposif pada SMP di Carenang dan dipilih dua kelas VII secara acak dari kelas VII yang ada. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) peningkatan kemampuan penalaran kreatif matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kolaborasi model pembelajaran ARIAS dengan TTW lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa; 2) motivasi berprestasi siswa yang memperoleh pembelajaran kolaborasi model ARIAS dengan TTW lebih baik dari pada yang memperoleh pembelajaran biasa; dan 3) terdapat asosiasi antara motivasi berprestasi dengan kemampuan penalaran kreatif matematik siswa.