PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa apakah terdapat pengaruh gaya belajar dan kecerdasan logika matematika terhadap prestasi belajar matematika di Kecamatan Jatinegara.  Sampel dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik. Metode survei dengan teknik simple random sampling. Uji validitas kedua datanya menandakan rhitung > rtabel (0,396) maka soal dikatakan valid. Reliabilitas untuk Gaya Belajar adalah 0,92 dan Kecerdasan Logika Matematika adalah 0,86. Selanjutnya uji chi-kuadrat, ketiga data menandakan X2hitung < X2tabel, yaitu Gaya Belajar (2,13 < 12,592), Kecerdasan Logika (10,25 < 12,592), dan Prestasi Belajar (10,41 < 12,592), maka ketiga datanya berdistribusi normal. Uji variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat, ( 2,39 > 2,0042) maka H0 ditolak, dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika. ( 7,18 > 2,0042) maka H0 ditolak, dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Logika Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika. Uji korelasi ganda dengan ∝ = 0,05 maka db1 = 2 dan db2 = 57 diperoleh Ftabel =3,17 dan Fhitung = 607,33; maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Gaya Belajar dan Kecerdasan Logika Matematika secara bersama- sama terhadap Prestasi Belajar Matematika.