ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI

Abstract

Instrumen yang digunakan dalam mengevaluasi pembelajaran matematika di sekolah selama masa pandemi harus teruji kualitasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang digunakan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan memberikan kontribusi terhadap pendidikan mengenai instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berkualitas baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMP N 3 Jetis melalui tiga tahapan kegiatan yaitu  persiapan, pelaksanaan dan akhir. Data kuantitatif yang diperoleh adalah skor kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif untuk menentukan tingkat kualitas instrumen secara data empiris sedangkan kualitatif untuk menentukan kategori tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kualitas instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika 100% valid, reliabilitas sebesar 0,858 dengan kategori baik, daya pembeda termasuk dalam kategori cukup, sedangkan tingkat kesukaran instrumen tes terdiri dari 3 butir soal kategori sedang dan 1 butir soal kategori mudah