Implementasi Quantum Tahfidz Al-Qur’an dalam Pengembangan Tahfidz Al-Qur’an Siswa SMA

Abstract

Metode pembelajaran diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan menghafalk al-Qur`an memerlukan sebuah metode yang tersusun rapi dengan perencanaan yang memaksimalkan potensi peserta didik. Salah satu kemukjizatan al-Qur`an adalah mudah dipelajari dan dihafalkan. K.H Abdurrahman Al-Asy’ari merancang sebuah metode percepatan dalam menghafal al-Qur`an yang di sebut metode Quantum Tahfidz Al-Qur`an yang diterapkan di SMA Takhassus al-Qur`an di Kalibeber Wonosobo Jawa Tengah. Dari analisis data penelitian diperoleh nilai sig constan = 4,89 dan sig x= 3,87 pada taraf signifikasi 5%. Hal tersebut menunjukkan adanya ada pengaruh positif implementasi Quantum Tahfidz Al-Qur`an terhadap pengembangan metode menghafal Al-Qur`an di SMA Takhassus.