PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI TAMAN KANAK-KANAK YUSTIKARINI KABUPATEN BANTAENG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan tradisional congklak di Taman Kanak-kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah kemampuan berhitung anak dan permainan tradisional congklak. Subjek penelitian adalah guru dan anak didik kelompok B1dengan jumlah 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data aktivitas guru dan aktivitas anak. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa masih terdapat anak yang berada dalam kategori mulai berkembang dan belum berkembang. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan banyak anak yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil analisis data diketehui bahwa terjadi peningkatan dan perkembangan kemampuan berhitung anak didik melalui permainan tradisional congklak dari siklus I dan siklus II