MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA INGGRIS ANAK DI TK TERATAI UNM MAKASSAR

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris kelompok B di TK Teratai UNM Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B di TK Teratai UNM Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen pre-experimental design (nondesign) dengan desain One Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Teratai UNM Makassar di mana pada bagian test statistics menunjukkan hasil uji Wilcoxon, yang diperoleh perhitungan dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) 0,000 (p<0,05), dengan demikian Ho ditolak. Artinya, ada pengaruhpenerapan metode pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata berpengaruh terhadap penguasaan kosakata pada anak khusunya di TK Teratai UNM Makassar.