PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK DI TK ISLAM TERPADU NURUL FIKRI MAKASSAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh bermain konstruktif terhadap kecerdasan visual spasial anak di TKIT Nurul Fikri Makassar. Penelitian ini dilihat dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimental Design dengan jenis disain penelitian adalah Posttest One Group Design. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan dilapangan, dokumentasi, wawancara dan data hasil bermain konstruktif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan dua jenis data yang dikumpulkan peneliti yakni, data kuantitatif dan data kualitatif. Perencanaan pembelajaran disusun secara kolaboratif antara guru dan peneliti sebagai pedoman dalam melaksanakan bermain konstruktif di TK IT Nurul Fikri Makassar. Perencanaan kegiatan penelitian disusun 12 pertemuan. Tahap-tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan skenario pembelajaran yang telah disusun seperti kegiatan awal, inti, dan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan konstruktif dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak di TKIT Nurul Fikri Makassar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) bermain konstruktif merupakan permainan yang mengutamakan menstimulasi kecerdasan anak, khususnya kecerdasan visual spasial, 2) kecerdasan visual spasial anak setelah bermain konstruktif berada pada kategori sangat tinggi, 3) hasil analisis hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kecerdasan visual spasial anak sebelum dan sesudah bermain konstruktif. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh positif bermain konstruktif dalam meningkatkan kecerdasan anak.