Analisis Faktor Kepuasan, Kepercayaan, Komitmen dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BNI Syariah Semarang

Abstract

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah, antara lain adalah kepuasan, kepercayaan dan komitmen dari nasabah itu sendiri. Tujuan penelitian ini pertama untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu faktor kepuasan (X1), kepercayaan (X2) dan komitmen (X3) nasabah dan pengaruhnya terhadap variabel terikat berupa loyalitas nasabah (Y) pada Bank BNI Syariah Semarang. Kedua, menganalisis seberapa besar (signifikansi) pengaruh variabel-variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat. Ketiga menganalisis seberapa besar (signifikansi) pengaruh variabel-variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat. Hasil uji hipotesis baik parsial maupun simultan menunjukkan bahwa semuanya mendukung hipotesis Ha1 dan Ha2 yang diajukan yaitu faktor kepuasan (X1), kepercayaan (X2) dan komitme (X3) nasabah berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas nasabah (Y) pada Bank BNI Syariah Semarang. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kepercayaan (X2) merupakan faktor yang paling mempengaruhi loyalitas nasabah dan tingkat loyalitas nasabah di Bank BNI Syariah Semarang adalah tinggi.