Layanan Internet Banking dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI 46 Wonosobo
Abstract
Perkembangan teknologi internet di Indonesia akan sangat membantu berbagai aspek yang ada di masyarakat, tidak terkecuali dunia perbankan. Saat ini telah banyak bank-bank pemerintah dan swasta terkemuka di Indonesia telah mempergunakan layanan ini ke nasabahnya, antara lain Bank BNI 46. Dengan internet banking maka akan banyak keuntungan yang akan diperoleh oleh nasabahnya. Untuk itu banyak bank-bank berusaha untuk menyediakan layanan internet banking rnaupun lebih menyempurnakan layanannya internetnya agar nasabah lebih loyal kepada banknya. Berdasarkan analisa regeresi berganda diketahui bahwa variabel-variabel bebas mempunyai pengaruh positif yang searah dengan variabel terikat. Selanjutnya basil analisis data diperoleh nilai R2 sebesar 0,870. Ini dapat diartikan bahwa 87,0% variasi variabel terikat dipengaruhi oleh vatiabel bebas. Sedangkan sisanya (13,0%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa semuanya mendukung hipotesis 1, 2 dan Hipotesis 3 yang diajukan dimana penerapan layanan internet banking yang terdiri kemudahan transaksi (X1), keamanan transaksi(X2) dan jenis transaksi yang dapat diakses (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) Bank BNIÂ Wonosobo.