PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs MA’ARIF NU I JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS
Abstract
Strategi pembelajaran aktif merupakan hal ang penting yang perlu diperhatikan, disiapkan dan dilaksanakan oleh guru ketika proses pembelajaran fiqih dilaksanakan. Karena strategi pembelajaran aktif mempunyai pengaruh terhadap hasil dari pembelajaran itu sendiri, apabila strategi yang digunakan tepat, maka hasil yang dicapai akan maksimal. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Peneliti adalah Strategi pembelajaran aktif yang digunakan dalam pembelajaran fiqih adalah card sort, inquiring minds want to know, every one is teacher here, reading aloud, index card mach dan jigsaw learning. Bahwa dalam penerapan strategi pembelajaran aktif disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan sehingga strategi pembelajaran aktif yang digunakan akan sesuai dengan materi yang akan disampaikan. bahwa menggunakan strategi pembelajaran aktif adalah bukan merupakan kewajiban bagi seluruh guru fiqih, akan tetapi strategi pembelajaran aktif ini merupakan kreatifitas dari seorang guru sendiri untuk mempermudah dalam mengajar dan sekaligus menumbuhkan minat bagi peserta didik agar terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Pada prakteknya penggunaan strategi pembelajaran aktif tidak digunakan sendiri – sendiri, melainkan dikombinasikan dengan strategi lainnya sesuai dengan materi pembelajaran.