IMPLEMENTASI METODE QIROATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan implementasi metode qiroati dalam pembelajaran al quran, 2) untuk mendeskripsikan teknik penggunaan metode qiroati dalam pembelajaran al quran, 3) untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan hambatan dalam pembelajaran al quran. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang didasarkan pada filosofi positivisme yang digunakan untuk meneliti fenomena naturalistik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data menggunakan analisis interaktif mile and huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode qiroati dalam pembelajaran al quran memiliki tiga langkah yaitu langkah perencanaan, langkah implementasi dan langkah evaluasi. 2) teknik pengajaran metode qiroati dalam pembelajaran al quran yang merupakan teknik sorogan, kelas individu dan kelas membaca & mendengar. dan 3) ada tiga faktor pendukung seperti siswa mandiri, lingkungan yang konusif dan faktor perangkat keras & lunak yang baik yaitu teman sebaya dan perusahaan, kurikulum dan motivasi eksternal.