أثر استخدام وسيلة فيديو التعليم الخاصّ في نتيجة التلاميذ الدّراسية في تعليم الخطّ العربي

Abstract

Berdasarkan fenomena yang terjadi, para siswa yang mengikuti program ekstrakulikuler kaligrafi di MTs Yaspika Kuningan mengalami banyak kesulitan pada bidang kaligrafi. Oleh karena itu, guru membutuhkan banyak upaya yang mampu mempengaruhi pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran kaligrafi, salah satunya menggunakan media video tutorial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran kaligrafi sebelum dan sesudah menggunakan media video tutorial, serta mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen model pree test dan post test design. Hasil dari penelitian adalah bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran kaligrafi sebelum menggunakan media video tutorial menunjukkan pada kategori nilai 66,34. Hasil belajar mereka setelah menggunakan media video tutorial menunjukkan pada kategori nilai 75,9. Serta penggunaan media video tutorial memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada program ekstrakulikuler kaligrafi karena nilai t hitung 16,37.