ISTIKHDĀM NAMŪDAJ AL TA’LĪM AL TA’ĀWUNĪ BI USLŪB AL MUSĀ’ADAT AL FARDIYYAT DĀKHIL AL MAJMŪ’ĀT FĪ TA’LĪM AL QIRĀ’AT

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 11 di Madrasah Aliyah Al-Irfan Purwakarta dalam memahami teks bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization), serta mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model tersebut dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, kajian pustaka dan test. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) memperoleh hasil rata-rata 55,4 dan kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab setelah menggunakan model tersebut memperoleh hasil rata-rata 88,6 . Dengan demikian bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dalam pembelajaran qira’ah memberikan pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab dengan persentase sebesar 71%.Kata kunci: model,  cooperative learning, pembelajaran membaca.