QUDRATU AL THALABAH ‘ALĀ FAHMI KITĀB MUKHTASHOR AL QOW Ā’ID AL NAHWIYYAH WA AL SHORFIYYAH “MATA” WA ‘ALĀ QATUHA BIQUDRATIHIM ‘ALĀ QIR Ā AH AL NUSHŪSH AL ‘ARABIYYAH

Abstract

Penelitian ini bertolak dari permasalahan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren al Mustaqiem Ciater Subang dimana kemampuan santri dalam memahami bahan ajar Ringkasan Kaidah Nahw Sharf  “Mata” masih lemah yang ditujukan dengan lemahnya kemampuan mereka dalam membaca teks Arab. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pada tulisan ini penulis ingin mengetahui adakah hubungan antara penguasaan santri terhadap bahan ajar ringkasan kaidah nahw sharf dan kemampuan mereka dalam membaca teks Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penguasaan santri terhadap bahan ajar ringkasan kaidah nahw sharf “Mata”  dan kemampuan mereka dalam membaca teks dan mengetahui hubungan antara keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Dan cara penelitian ini berupa observasi, wawancara, teks da dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara keduanya menunjukkan baik dengan nilai 82,77 dan berada pada rentang 80-90.Kata kunci: Nahwu, Sharf, Memahami Kitab, MATA, Membaca Teks.